Pages

Selasa, 13 Maret 2012

Merokok = Gak Sayang Anak & Keluarga Sendiri


Hai guys, aku kembali lagi nih.. mwahahaha (serasa banyak aja penggemarnya). oke ga perlu basa-basi lagi yee, langsung aja deh. kali ini aku pengen ngebahas tentang rokok nih all :) dari judulnya kayaknya rada sadis gitu ya? tapi emang bener kok.. mau tau kenapa? cekidoott! *tampar mertua*


Sebelum baca semua isi post ini mari kita berdoa, semoga yang uda baca sampe abis artikel amatiran ini bisa tau ruginya kalo merokok dan para perokok bisa terketuk hatinya buat berhenti merokok, dan bagi yang lagi berusaha berhenti merokok mudah-mudahan bisa menambah motivasi mereka.. AMIN!! *sambil menitihkan air mata*


Oke! kita sebagai orang Indonesia pasti sudah ga asing lagi sama yang namanya "Rokok". Ya! sejenis batangan yang dihisap-hisap (GHA! STOP!!) ehmm.. kayaknya bahasanya terlalu ekstrim, oke lah.. intinya rokok tuh racun berbentuk batang yang digemari oleh mayoritas pria.. dan PELAJAR. sebenarnya aku prihatin banget dengan kondisi orang-orang sekarang tentang rokok-merokok ini. bukan lagi orang tua saja yang merokok, tapi juga pelajar, bahkan BALITA (Oh my!), sampe-sampe masuk berita luar negeri!! *pingsan* kita tau bahwa budaya jelek ini memang sulit untuk dihilangkan, namun kita masih punya harapan :)

Rokok dijual legal dimana-mana, mulai dari warung kecil-kecilan hingga supermarket ternama dengan harga yang sangat-sangat murah! (kalo ada yang protes n bilang harga rokok tuh mahal, kenapa masih dibeli juga? :p ), dan sadisnya lagi nih, walaupun dibungkusnya tertera "18+", namun anak kecil pun bisa membeli rokok dengan alasan universal "saya disuruh om saya/ bapak saya/ kakak saya/ tetangga saya/ tukang becak pribadi saya" phew~ *geleng-geleng dada*. coba aja kita liat di negara maju sana (contohnya aja Jepang), merokok pun ada peraturannya dan rokok disana dijual dengan harga yang sangat mahal. trus juga disana tuh ada yang namanya kartu merokok, yah sejenis SIM gitu lah, jadi siapa yang pengen beli rokok, dia harus nunjukin kartu itu untuk bisa beli rokok, dan dari kartu itu pemerintah dapat memeriksa tingkat "kecanduaan" para perokok di Jepang (andaikan di Indonesia diterapkan juga -___-). nah, mumpung di Indonesia belum ada yang begituan.. monggo pak, mas, dek, bu, berhenti merokok dari hati masing-masing :) *antiklimaks*

Dari segi SOSIAL!! *jeng jeng* dari lubuk hati yang paling berlubang, aku prihatiiiiiin banget sama orang Indonesia ini, karna merokok sudah menjadi Trend gahoool dan sebagai penanda bagi laki-laki kalo merokok tuh jantan.

75% hasil survei kalo merokok tuh gak keren sama sekali (racunin diri sendiri kok dibilang keren itu loh? -,-" ) trus sisanya? sebenarnya sih meng-iyakan, tapi malu ngakuin karna masih ngerokok juga (eaaa...). trus ya, ga kasian tuh sama cewe lo yang gak suka rokok? gini ya.. aku pernah nanya nih sama temenku (cewe) perihal rokok ini. dan pengakuan dia bikin aku interest, kesimpulannya gini.. cowo perokok pacaran sama cewe yang anti rokok, pertama sih emang maklumin karna emang dari pertama udah tau kalo ngerokok, tapi lama-lama bikin si cewe risih, apalagi kalo sudah kena asepnya, tuh cewe pasti bakal mikir gini,"iih.. ga perhatian banget sih ni cowo! uda tau aku gak suka rokok.. baunya itu looh, nyesek! kalo gini terus, apa jadinya anakku nanti"
Nah, itu kalo pacaran. gimana kalo masi PDKT sama cewe anti rokok? misalnya ada cewek cantik nih yaa duduk di taman (dan kamu gak tau kalo tuh cewe anti rokok), trus kamu pengen deketin doi, tapi gak sengaja ngeluarin rokok.. mungkin gini dialognya:

cowo: hai, tempat duduknya kosong kan? bole numpang duduk?
cewe: oh silahkan :)
cowo: lagi sendirian aja nih?
cewe: iya.. hehe
cowo: kok sendirian aja? emang lagi nunggu siapa disini?
cewe: lagi nunggu temen, mau cari bahan tugas kuliah :)
cowo: oh.. *gugup, trus gak tau pengen ngomong apa lagi* *tiba-tiba reflek jadi pengen ngerokok*
cewe: (aduh nih cowo pasti pengen ngerokok, mending gue menjauh aj deh daripada gue bengek) eh iya.. aku duluan ya, tiba-tiba inget emak dirumah belum dikasi makan, bye! *terbang naek elang*
cowo: ....

Gak pengen gitu kan kejadiannya? kamu bakalan lebih keren kalo gak ngerokok, contoh dialognya mungkin gini:

cowo: hai, tempat duduknya kosong kan? bole numpang duduk?
cewe: wah.. kamu bukan perokok ya? yuk pacaran!! :*

see? (TAPI GAK GITU JUGA YAA KAN?!!!) *cambuk pake behel bisma*

Ehmm.. cukup tentang PDKT-annya, sekarang coba saya bikin anda-anda semua berpikir 2x untuk tetap merokok. oke, pertama-tama coba lihat video ini :)


Bayangin deh kalo tuh racun hinggap semua di tubuhmu.. hiii~
Gimana? masih mau tetap ngerokok? kalo masih belum tobat oke.. Oia, aku saranin sebelum baca lebih jauh lagi, ada baiknya musik yang ada di blog ini di pause dulu deh.. trus kalo bisa ganti dengan lagu yang agak melow (saran: mainkan musiknya Melly yang Bunda) *penggalauan massal*
aku kasi waktu yaa..

3...

2...

1...

...

..

.

Oke, aku gak bakalan paksain kamu kok buat berhenti merokok, semua punya hak untuk merokok dan enggak, tapi coba pikirin lagi deh, apa jadinya anak-anakmu kalo kamu terus merokok? apa mau anak-anak penerus generasi kita juga ikut-ikutan merokok? apa tega biarin racun-racun itu hinggap di tubuh mereka? menggerogoti paru-paru mereka hanya karna keegoisan kita yang sudah kecanduan merokok? coba pikirin dalem-dalem deh.. atau mungkin kita yang sering merokok bareng keluarga, apa gak kasian sama mereka yang gak merokok malah kena akibatnya? apa jadinya kalo racun-racun mematikan itu hinggap di tubuh keluargamu, saudaramu, orangtuamu, ibumu? apa bedanya dengan meracuni orang tua sendiri? masih mau untuk ngerokok? apakah orangtuamu membesarkanmu dengan biaya yang besar hanya untuk menjadi perokok? yang menyia-nyiakan uang hanya untuk dibakar, meracuni diri sendiri dan orang lain? sudah banyak perokok yang menjadi korban, BAHKAN yang menjadi perokok pasif pun tidak kalah banyaknya yang menjadi korban jiwa.


Ehmm.. bukannya mendoakan, ini hanya sebagai gambaran. gimana kalo tiba-tiba orang yang anda sayangi, entah itu pacar anda, teman anda, anak anda, orangtua anda, ibu anda yang mengasuh anda sejak kecil dengan bersusah payah, seketika mengeluhkan tentang pernafasannya, dan akirnya jatuh pingsan. stelah masuk rumah sakit, ternyata penyebabnya adalah racun rokok yang sudah menumpuk di paru-parunya. bagaimana perasaan anda saat itu? orang yang anda sayangi harus terbaring lemas di rumah sakit dengan nafas yang berat hanya gara-gara anda yang terus merokok tanpa tau tempat? dengan cara ini kah anda membalas kebaikan mereka? tanyakan dalam hati anda yang paling dalam.. pasti anda pengen banget untuk bisa berhenti merokok, PASTI!! tapi yang membuatnya susah adalah karna anda masih lemah, masih belum rela karna BELUM dapat efek negatif yang berat.


Apa anda akan mulai berhenti merokok di kala melihat orang yang anda sayangi terbaring lemas dengan infus di tangan? atau menunggu hingga dada anda terasa sakit, nafas anda mulai berat, ato bahkan anda yang terbaring lemas di rumah sakit? jangan sampai penyesalan datang ke anda. mulailah berhenti, konsisten dalam hati anda, jangan biarkan semua bayangan buruk diatas menjadi nyata di kehidupan anda. sisakan tempat dengan udara yang segar untuk keluarga anda nanti, untuk anak anda nanti, untuk generasi penerus nantinya. biarkan mereka merasakan segarnya udara yang sejuk, bersih dan segar tanpa adanya racun-racun "pelepas stress" yang bisa menghancurkan kehidupan cerah mereka. ayo bersama-sama kita wariskan kesehatan bagi anak-anak kita, cucu-cucu kita, generasi penerus bangsa.



STOP SMOKING FOR A BETTER FUTURE!!!
:)

2 komentar:

Muhammad Evin Armedco mengatakan...

keren blog mu ngga.. makasi infonyaa yaa..
PERTAMAX !

Gaghanation mengatakan...

Wah.. thanks bgt ko :D iya sama2, senang bisa membantu :)
KEDUAX ! <-- maksa

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Gaghanation and Powered by Blogger.